Jumat, 13 Agustus 2010

Ta'aruf Oracle Seri 2

Bagikan
Pada perkanalan yang kedua dengan Oracle ini saya akan sedikit menerangkan tentang 2 bagian penting dari Oracle, diantaranya yaitu:

1.    Oracle Developer.

                Merupakan sebuah pemrograman database Oracle yang lebih mengutamakan atau yang mempelajari dan mengolah database dari sisi Front End  atau dari sisi User Interface. Jadi untuk bagian ini kita lebih diutamakan untuk menjadi programer yang mengolah database yang sudah jadi, yang telah di buat oleh seorang DBA atau Database  Administrator Oracle.Jadi, kesimpulanya seorang Oracle Developer bertugas untuk membangun sebuah tampilan, mesin atau alur dari jalanya program yang akan menghubungkan antara data yang di input oleh user dan diolah lalu dihubungkan ke database sebagai tempat penyimpanan
data. Aplikasi Oracle yang berhubungan dengan kelompok ini yaitu: Developer 2000, Developer 6 atau 6i.

2.    Oracle DBA

  Sedikit Berbeda dengan Oracle Developer, Oracle DBA lebih bermain di belakang layar. Maksudnya seorang DBA "sebutan untuk seorang pembuat database dalam Oracle" lebih diperuntukkan untuk bisa dan mampu membuat program dari sisi Back End atau sisi pembuatan database yang nantinya akan diolah oleh seorang database Developeruntuk dibuatkan menjadi sebuah program yang mendekati sempurna. Aplikasi yang mendunkung kelompok ini adalah :Oracle 7, Oracle 8/8i, Oracle 9i, Oracle 10i, Oracle 11i.

Selain dua hal yang ada di atas, msh ada hal yg penting yang harus anda ketahui tentang Oracle, yaitu anda harus memiliki kemampuan dan paham dengan SQL dan PL/SQL. Hal itu sangatlah penting dimiliki oleh seorang DBA maupun Oracle Developer, karena dua hal tersebut akan sangat dibutuhkan ketika kita bekerja dengan Database Oracle. Untuk Pengenalan SQL & PL/SQL saya akan bahas dalam bab selanjutnya.

kesimpulan yang dapat di peroleh untuk pembelajaran kita kali ini yaitu Oracle Developer dan Oracle DBA merupakan sodara kandung dari Keluarga DATABASE ORACLE dan perbedanya adalah DBA lebih mengutamakan kinerja dalam pembuatan sebuah database yang akan di olah oleh Oracle Developer.Sedangkan Oracle Developer berkerja meneruskan apa yang telah dikerjakan oleh DBA yaitu mengolah Database menjadi sebuah program jadi yang bisa di pakai. jadi keduanya saling ketergantungan satu sama lain. Dan yang paling penting untuk dapat menjadi 2 kelompok Oracle yang tadi telah disebutkan adalah anda harus memiliki kemampuan dalam bahasa SQL & PL/SQL.

To be Continue..........

Sumber Menguasai Oracle, SQL & PL/SQL